Manfaat E-Business dan E-Commerce
A. Manfaat E-Business
Manfaat yang didapat atau manfaat dari
e business itu sebagai berikut :
a.
Memperluas pasar hingga
mencakup pasar nasional dan pasar global, sehingga
perusahaan
bisa menjangkau lebih banyak pelanggan, memilih pemasok terbaik, dan menjalin relasi dengan mitra
bisnis yang dinilai paling cocok.
b.
Menekan biaya menyusun,
memproses, mendistribusikan, menyimpan, dan mengakses informasi berbasis kertas
(paperbased information).
c.
Memungkinkan perusahaan untuk
menerapkan mass customization terhadap produk dan jasanya.
d.
Menekan waktu antara pembayaran
dan penerimaan produk/jasa.
e.
Meningkatkan produktivitas
karyawan melalui rekayasa ulang proses bisnis.
f.
Menekan biaya telekomunikasi.
g.
Manfaat-manfaat lainnya,
seperti citra yang lebih baik, layanan pelanggan yang lebih bagus, proses yang
lebih sederhana, mitra bisnis yang baru, waktu siklus dan pengiriman yang lebih
singkat, akses terhadap informasi yang lebih luas, biaya transportasi yang
lebih murah, dan fleksibilitas yang lebih tinggi.
h.
Fenomena jejaring (internetworking)
memaksa perusahaan untuk bekerja sama dengan berbagai mitra bisnis untuk dapat
menawarkan produk atau jasa secara kompetitif, sehingga kontrol kualitas,
harga, dan kecepatan penciptaan sebuah roduk atau jasa kerap sangat ditentukan
oleh faktorfaktor luar yang tidak berada di dalam kontrol perusahaan.
i.
Pembeli atau customer dapat
dengan mudah melihat barang yang di produksi perusahaan tersebut melalui
internet, sehingga tidak repot harus ke tempat hanya untuk melihat barang.
B.
Manfaat E-Commerce
Secara
umum e-commerce merupakan aktivitas perdagangan melalui media internet.
Manfaatnya dan keuntungannya banyak sekali yang dapat dihasilkan, antara
lainnya :
1. Manfaat e-commerce bagi
konsumen :
a.
Electronic commerce
memungkinkan pelanggan untuk berbelanja atau melakukan transaksi lain selama
24 jam sehari sepanjang tahun dari hamper
setiap
lokasi.
b.
Electronic commerce memberikan
lebih banyak pilihan kepada pelanggan mereka bisa memilih berbagai produk dari
banyak vendor.
c.
Electronic commerce menyediakan
produk-produk dan jasa yang tidak mahal kepada pelanggan dengan cara
mengunjungi banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat.
d.
Dalam beberapa kasus, khususnya
pada produk-produk yang digitized, electronic commerce menjadikan pengiriman
menjadi sangat cepat.
e.
Pelanggan bisa menerima
informasi relevan secar detail dalam hitungan detik, bukan lagi menjadi hari.
f.
Electronic commerce
memungkinkan partisipasi dalam pelelangan maya (virtual auction).
g.
Electronic commerce memberi
tempat bagi para pelanggan untuk berinteraksi dengan pelanggan lain di
electronic community dan bertukar pikiran serta berbagai pengalaman.
h.
Electronic commerce memudahkan
persaingan yang pada akhirnya akan menghasilkan diskon secara substansial.
2.
Manfaat e-commerce bagi
masyarakat :
a.
Electronic commerce
memungkinkan orang untuk bekerja didalam rumah dan tidak banyak keluar untuk
berbelanja, akibatnya ini akan menurunkan arus kepadatan lalu lintas di jalan
serta mengurangi polusi udara.
b.
Electronic commerce
memungkinkan sejumlah barang dagangan dijual dengan harga lebih rendah,sehingga
orang yang kurang mampu bisa membeli lebih banyak dan meningkatkan taraf hidup
mereka.
c.
Electronic commerce
memungkinkan orang di Negara-negara dunia ketiga dan wilayah pedesaan untuk
menikmati aneka produk dan jasa yang akan susah mereka dapatkan tanpa
Electronic commerce. Ini juga termasuk peluang untuk belajar berprofesi serta
mendapatkan gelar akademik.
d.
Electronic commerce
memfasilitsi layanan public, seperti perawatan kesehatan, pendidikan, dan
pemerataan layanan sosial yang dilaksanakan pemerintah dengan biaya yang lebih
rendah, dan atau dengan kualitas yang lebih baik. Layanan perawatan kesehatan,
misalnya bisa menjangkau pasien daerah pedesaan.
3.
Manfaat e-commerce bagi bisnis
:
a.
Perusahaan-perusahaan dapat
menjangkau pelanggan diseluruh dunia. Oleh karena itu dengan memperluas bisnis
mereka, sama saja dengan meningkatkan keuntungan.
b.
E-commerce menawarkan
pengurangan sejumlah biaya tambahan. Sebuah perusahaan yang elakukan bisnis
diinternet akan mengurangi biaya tersebut tidak digunakan untuk gedung dan
pelayanan pelanggan (customer service), jika dibandingkan dengan jenis bisnis
tradisional.
Singkatnya
dari semua yang telah dijelaskan dibagian atas tersebut manfaat dan keuntungan
yang didapatkan dari E-COMMERCE adalah sebagai berikut :
1.
Bagi Konsumen : harga lebih
murah, belanja cukup pada satu tempat.
2.
Bagi Pengelola bisnis :
efisiensi, tampa kesalahan, tepat waktu.
3.
Bagi Manajemen : peningkatan
pendapatan, loyalitas pelanggan.
About William Wijaya Thaha
Hi, My Name is Hafeez. I am a webdesigner, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.
0 komentar:
Posting Komentar