Berikut merupakan jenis-jenis dari E-Business, yaitu:
1.
Business-to-Business (B2B). Semua partisipan di dalam B2B e-commerce adalah pebisnis atau organisasi lain.
Sebagai contoh beberapa aplikasi Mark&Spencer’s
terdiri B2B dengan supplier. Saat ini, 85% dari volume EC adalah B2B (Cunningham 2001).
2.
Business-to-consumer (B2C). Meliputi transaksi eceran (Retail transaction) dari suatu produk dan jasa dari
pebisnis ke pembeli individu. Tipe pembeli seperti di Mark&Spencer
online atau pada Amazon.com adalah customer atau consumer. EC tipe ini disebut
juga e-tailing.
3.
Business-to-business-to-Consumer (B2B2C). Tipe bisnis ini menyediakan produk dan jasa untuk klien
bisnis. Klien bisnis memelihara pelanggannya, yang dapat sebagai karyawannya,
untuk mana produk dan jasanya disediakan
tanpa
menambahkan nilai tambah lainnya. Satu contoh adalah satu perusahaan yang membayar AOL (American
Online) untuk menyediakan karyawannya
akses
internet (dari sekadar
4.
Consumer-to-business (C2B). meliputi individu yang menggunakan internet untuk menjual produk dan jasa
kepada organisasi, seperti layaknya seorang individu mencari penjual untuk
untuk menawarkan produk atau jasanya seperti yang mereka inginkan.
Priceline.com dikenal sebagai C2B organizer untuk beberapa transaksi.
5.
Consumer-to-consumer (C2C). Dalam kategori ini, konsumen yang satu akan menjual langsung kepada
konsumen yang lain. Sebagai contoh seorang individu menjual mobil, rumah
(property), dan seterusnya dalam klasifikasi online. Penawaran jasa individu
melalui internet dan menjual pengetahuan dan keahlian secara online adalah
contoh dari C2C. Sebagai tambahan, banyak
situs
pelelangan mengijinkan kepada perorangan/individu untuk menempatkan item-item mereka untuk di
lelang.
6.
Mobile commerce (m-commerce). Transaksi EC yang dilakukan secara penuh atau sebagian di dalam
lingkunagn nirkabel (Wireless). Sebagai contoh, beberapa orang yang
diperlengkapi dengan cell phones, orang dapat melakukan order buku dari
amazon.com atau hal-hal yang berhubungan
dengan
perbankan. Banyak aplikasi m-commerce terdiri dari perangkat bergerak berbasis internet
(Internet-enabled mobile devices).
7.
Intrabsuiness EC. Mencakup semua aktivitas internal organisasi yang meliputi pertukaran barang, jasa, atau
informasi diantara beberapa unit dan individu di dalam
8.
Business-to-employees (B2E). Adalah bagian dari Intrabisnis, dimana suatu organisasi mengirimkan jasa,
informasi, atau produk kepada karyawan
individu,
seperti yang dilakukan oleh Maybelline.
9. Collaborative commerce. Ketika
individu atau kelompok melakukan kolaborasi,
mereka akan tumbuh kedalam collaborative commerce. Sebagai contoh, rekan bisnis di dalam
suatu lokasi yang berbeda dapat mendesign
produk
mereka secara bersamaan, menggunanakan screen sharing, atau mereka secara bersama-sama
memperkirakan jumlah permintaan dari suatu produk, seperti yang dilakukan
oleh Mark&Spencer dan suppliernya.
10.
Nonbusiness EC. Pertumbuhan jumlah dari institus non-profit seperti institusi akademik, organisasi non-profit,
organisasi kerohanian, organisasi social, dan agen-agen pemerintah yang
menggunakan EC telah menurunkan pengeluaran mereka atau untuk meningkatkan
proses operasi dan layanan kepada pelanggan.
11.
E-Learning. Training atau edukasi yang disajikan secara online. E-Learning digunakan secara mendalam di
dalam suatu perusahaan untuk pelatihan
karyawannya
(disebut e-training). E-Learning juga disebut sebagai universitas maya.
12.
Exchange-to-exchange (E2E). Merupakan Pasar Publik Electronik (Public Electronic Market) diantara
pembeli dan penjual.
13.
E-Government. Di dalam e-Government EC, entitas di dalam pemerintahan membeli atau menyediakan
barang-barang, jasa, atau informasi kepada pelaku bisnis (G2B) atau kepada
warganya (G2C).
About William Wijaya Thaha
Hi, My Name is Hafeez. I am a webdesigner, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.
0 komentar:
Posting Komentar